Survey
Survei atau Jajak Pendapat adalah pendapat atau pandangan yang dilakukan dengan menggunakan teknik sampel. Jajak pendapat biasanya dirancang untuk mendapatkan gambaran tentang pandangan-pandangan suatu populasi dengan mengajukan serangkaian pertanyyaan kepada beberapa orang yang dianggap mewakili populasi dan kemudian menyimpulkan jawaban-jawabannya sebagai gambaran dari kelompok yang lebih luas.
1. Pedoman Survey
a. Identifikasi kebutuhan
b. Produk yang diminati
c. Segmen Pasar yang dituju
d. Penetrasi pasar
2. Format pengumpulan survey
Contoh : Apabila mengadakan survey di suatu sekolah SMK “ELIT“, dengan data responden (yang disurvey) sebagai berikut :
a. 15 kelas
b. Kelas X, 5 ruangan
Program studi Akuntansi 2 kelas
Administrasi perkantoran 2 kelas
Penjualan I kelas
c. Kelas XI, 5 ruangan
Program studi Akuntansi 2 kelas
Administrasi perkantoran 2 kelas
Penjualan I kelas
d. Kelas XII, 5 ruangan
Program studi Akuntansi 2 kelas
Administrasi perkantoran 2 kelas
Penjualan I kelas
e. Kelas XII, 5 ruangan
Program studi Akuntansi 2 kelas
Administrasi perkantoran 2 kelas
Penjualan I kelas
f. Per ruangan jumlah siswa 40 siswa
Perhitungannya :
kelas X | : (5 ruang) x (jumlah siswa per ruang 40 siswa) | = 200 siswa | |
kelas XI | : (5 ruang) x (jumlah siswa per kelas 40 siswa) |
= 200 siswa
| |
kelas XII | : (5 ruang) x ( jumlah siswa per kelas 40 siswa) | = 200 siswa | |
600 siwa |
Diambil sampel klas XI, alasannya :
- bukan murid baru, juga bukan murid paling lama, jadi ada di tengah
- sudah mengerti cara mengisi format survey
- 1/3 dari jumlah populasi yang menjadi responden
3. Format laporan survey
Catatan :
- Responden hanya boleh memilih satu pilihan
- Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
- Berilah cek lis pada makanan yang anda suka
Catatan :
- Responden hanya boleh memilih satu pilihan
- Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
- Berilah cek lis pada makanan yang anda suka
Catatan :
- Responden hanya boleh memilih satu pilihan
- Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
- Berilah cek lis pada makanan yang anda suka
Catatan :
- Responden hanya boleh memilih satu pilihan
- Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
- Berilah cek lis pada makanan yang anda suka
Catatan :
- Responden hanya boleh memilih satu pilihan
- Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
- Berilah cek lis pada makanan yang anda suka
Format pengumpulan survey
Kesimpulan:
- Nasi Pecel sebagai hasil survey dari SMK “ELIT“ paling banyak dipilih
- Makanan/minuman yang banyak dipilih atau ditulis, itulah yang harus dipilih untuk dijual
Kesimpulan:
- Pizza mie sebagai menduduki peringkat tertinggi
- Produk yang dijual disarankan adalah Nasi Pecel
Survey Kebutuhan Pelanggan
Membentuk Unit/Counter Pelayanan Pelanggan
Petugas pelayanan (customer service)
Petugas ini terletak di dekat pintu keluar, setelah customer berbelanja lalu membayar di kasir, kemudian membawa barang belanjaan untuk langsung keluar, atau akan mengambil barang yang dititipkan pada penitipan barang, maka diantara pintu keluar dan penitipan barang, terdapat meja petugas pelayanan yang bertugas untuk :
a. Mendengarkan apa yang diutarakan customer, mengenai produk yang disenangi dan alternatif lain selain merk yang tersebut
b. Menjelaskan produk dari segi manfaat atau fungsi produk yang dibeli customer
c. Menawarkan alternaif lain untuk produk sejenis
Survey Kebutuhan Pelanggan
Jenis Produk Menurut Kelompoknya
1. Makanan
a. Makanan siap diolah (kerupuk untuk dikonsumsi harus digoreng)
b. Makanan yang telah diproses sehingga siap dikonsumsi (kue kering, basah)
2. Minuman
Minuman dalam kemasan plastik, kaleng atau yang telah dipadatkan di lemari pendingin
3. Kosmetik
a. Segala jenis peralatan maupun untuk kecantikan dan kesehatan dari kepala sampai kaki
b. Dibuat dari segala sari buah atau hahan sintetis
4. Alat tulis
a. Semua sarana alat tulis untuk keperluan sekolah, kantor
b. Yang dibuat dari plastic, mica, kaca, kertas dsb
5. Asesoris
a. Segala keperluan perlengkan pribadi
b. Perlengkapan rumah tangga
c. Perlengkapan mobil
d. dst
Manfaat Survey
1. Segmentasi
Dari hasil survery akan mengetahui segmen pasar yang dituju yaitu pengelompokan pasar dari yang bersifat heterogen menjadi homogen. Dengan kata lain adalah kelompok pembeli dari sejumlah kelompok pembeli yang lain. Ditinjau dari sudut
a. pendapatan
b. umur
c. jenis kelamin
d. dsb
2. Targeting
Dari hasil survey akan diketahui target pasar yang dibidik dalam melaksanakan penetrasi pasar, agar tepat sasaran sesuai perencanaan. Contoh :
Target pasar yang dibidik adalah anak-anak usia 5 tahun sampai 17 tahun, maka langkahnya sebagai berikut :
Promosi :
a. Media audiovisual (TV), menggunakan aktor/artis anak-anak yang sudah dikenal masyarakat.
b. Datang langsung ke sekolah tingkat SD, SMP dan SLTA
c. Mengadakan konser musik tingkat anak-anak
d. Memilih duta promosi tokoh-tokoh yang sangat dikenal sebagai pecinta anak-anak, misal Kak Seto.
e. Program hadiah, yang berbentuk benda maupun hiburan
f. Jargon atau kata-kata yang mudah diingat anak
3. Positioning
Dari survey pasar akan diketahui posisi produk apakah sebagai pemimpin pasar atau menjadi pengikut pasar, kalau produk yang dipasarkan relatif baru dan belum ada di pasar, maka strateginya adalah memunculkan kebutuhan baru yang tadinya belum terpikirkan, tetapi kalau produk sejenis sudah ada di pasar maka diperlukan perjuangan yang sangat keras untuk memenangkan persaingan, dengan terus menerus mengadakan promosi yang gencar
Dari data market share (pangsa pasar) diatas diketahui yang menjadi pemimpin pasar untuk sepeda motor adalah Honda.
4. Fokus
Dari hasil survey akan dapat difokuskan mengenai kebutuhan pelanggan yang memang betul-
betul dapat memuaskan pelanggan, sehingga dapat dilakukan perbaikan terhadap :
a. Kemasan produk
b. Manfaat produk
c. Harga
d. Strategi memasarkan
e. Tehnik mempromosi yang digunakan
0 komentar:
Posting Komentar