Jumat, 28 Desember 2012

SURVEY

Survey

Survei atau Jajak Pendapat adalah pendapat atau pandangan yang dilakukan dengan menggunakan teknik sampel. Jajak pendapat biasanya dirancang untuk mendapatkan gambaran tentang pandangan-pandangan suatu populasi dengan mengajukan serangkaian pertanyyaan kepada beberapa orang yang dianggap mewakili populasi dan kemudian menyimpulkan jawaban-jawabannya sebagai gambaran dari kelompok yang lebih luas.


1. Pedoman Survey
    a. Identifikasi kebutuhan
    b. Produk yang diminati
    c. Segmen Pasar yang dituju
    d. Penetrasi pasar

2. Format pengumpulan survey
Contoh : Apabila mengadakan survey di suatu sekolah SMK “ELIT“, dengan data responden (yang disurvey) sebagai berikut :
a. 15 kelas
b. Kelas  X, 5 ruangan
                  Program studi Akuntansi 2 kelas
                  Administrasi perkantoran 2 kelas
                  Penjualan I kelas
c. Kelas XI, 5 ruangan
                  Program studi Akuntansi 2 kelas
                  Administrasi perkantoran 2 kelas
                  Penjualan I kelas
d. Kelas XII, 5 ruangan
           Program studi Akuntansi 2 kelas
           Administrasi perkantoran 2 kelas
           Penjualan I kelas
e. Kelas XII, 5 ruangan
                  Program studi Akuntansi 2 kelas
                  Administrasi perkantoran 2 kelas
                  Penjualan I kelas
f. Per ruangan jumlah siswa 40 siswa

Perhitungannya :
kelas  X: (5 ruang) x (jumlah siswa per ruang 40 siswa)= 200 siswa
kelas XI: (5 ruang) x (jumlah siswa  per kelas 40 siswa)
= 200 siswa
kelas XII: (5 ruang) x ( jumlah siswa per kelas 40 siswa)200 siswa
   600 siwa

Diambil sampel klas XI, alasannya :
-  bukan murid baru, juga bukan murid paling lama, jadi ada di tengah
-  sudah mengerti cara mengisi format survey
-  1/3 dari jumlah populasi yang menjadi responden



3. Format laporan survey

Catatan :
     - Responden hanya boleh memilih satu pilihan
     - Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
     - Berilah cek lis pada makanan yang anda suka

Catatan :
     - Responden hanya boleh memilih satu pilihan
     - Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
     - Berilah cek lis pada makanan yang anda suka

Catatan :
     - Responden hanya boleh memilih satu pilihan
     - Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
     - Berilah cek lis pada makanan yang anda suka

Catatan :
     - Responden hanya boleh memilih satu pilihan
     - Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
     - Berilah cek lis pada makanan yang anda suka

Catatan :
     - Responden hanya boleh memilih satu pilihan
     - Responden boleh menuliskan hanya satu makanan Lain, selain yang disediakan
     - Berilah cek lis pada makanan yang anda suka

Format pengumpulan survey

Kesimpulan:
    - Nasi Pecel sebagai  hasil survey dari SMK “ELIT“ paling banyak dipilih
    - Makanan/minuman yang banyak dipilih atau ditulis, itulah yang harus dipilih untuk dijual

Kesimpulan:
   - Pizza mie sebagai  menduduki peringkat tertinggi
   - Produk yang dijual disarankan adalah Nasi Pecel





   

Survey Kebutuhan Pelanggan
Membentuk Unit/Counter Pelayanan Pelanggan
Petugas pelayanan (customer service)
Petugas ini terletak di dekat pintu keluar, setelah customer berbelanja lalu membayar di kasir, kemudian membawa barang belanjaan untuk langsung keluar, atau akan mengambil barang yang dititipkan pada penitipan barang, maka diantara pintu keluar dan penitipan barang, terdapat meja petugas pelayanan yang bertugas untuk :
   a. Mendengarkan  apa yang diutarakan customer, mengenai produk yang disenangi dan alternatif        lain selain merk yang tersebut
   b. Menjelaskan produk dari segi manfaat atau fungsi produk yang dibeli customer
   c. Menawarkan alternaif lain untuk produk sejenis



Survey Kebutuhan Pelanggan
Jenis Produk Menurut Kelompoknya
1. Makanan
    a. Makanan siap diolah (kerupuk untuk dikonsumsi harus digoreng)
    b. Makanan yang telah diproses sehingga siap dikonsumsi (kue kering, basah)
2. Minuman
    Minuman dalam kemasan plastik, kaleng atau yang telah dipadatkan di lemari pendingin
3. Kosmetik
    a. Segala jenis peralatan maupun untuk kecantikan dan kesehatan dari kepala sampai kaki
    b. Dibuat dari segala sari buah atau hahan sintetis
4. Alat tulis
    a. Semua sarana alat tulis untuk keperluan sekolah, kantor
    b. Yang dibuat dari plastic, mica, kaca, kertas dsb
5. Asesoris
    a. Segala keperluan perlengkan pribadi
    b. Perlengkapan rumah tangga
    c. Perlengkapan mobil
    d. dst



Manfaat Survey

1. Segmentasi
    Dari hasil survery akan mengetahui segmen pasar yang dituju yaitu pengelompokan pasar dari     yang bersifat heterogen menjadi homogen. Dengan kata lain adalah kelompok pembeli dari     sejumlah kelompok pembeli yang lain. Ditinjau dari sudut
    a. pendapatan
    b. umur
    c. jenis kelamin
    d. dsb
2. Targeting
    Dari hasil survey akan diketahui  target pasar yang dibidik dalam melaksanakan penetrasi pasar,     agar tepat sasaran sesuai perencanaan. Contoh :
    Target pasar yang dibidik adalah anak-anak usia 5 tahun sampai 17 tahun, maka langkahnya     sebagai berikut :
    Promosi : 
    a. Media audiovisual (TV), menggunakan aktor/artis anak-anak yang sudah dikenal masyarakat.
    b. Datang langsung ke sekolah tingkat SD, SMP dan SLTA
    c. Mengadakan konser musik tingkat anak-anak
    d. Memilih duta promosi tokoh-tokoh yang sangat dikenal sebagai pecinta anak-anak, misal Kak         Seto.
    e. Program hadiah, yang berbentuk benda maupun hiburan
    f.  Jargon atau kata-kata yang mudah diingat anak
3. Positioning
    Dari survey pasar akan diketahui posisi produk apakah sebagai pemimpin pasar atau menjadi     pengikut pasar, kalau produk yang dipasarkan relatif baru dan belum ada di pasar, maka     strateginya adalah memunculkan kebutuhan baru yang tadinya belum terpikirkan, tetapi kalau     produk sejenis sudah ada di pasar maka diperlukan perjuangan yang sangat keras untuk     memenangkan persaingan, dengan terus menerus mengadakan promosi yang gencar
Dari data market share (pangsa pasar) diatas diketahui yang menjadi pemimpin pasar untuk     sepeda motor adalah Honda.
4. Fokus
    Dari hasil survey akan dapat difokuskan mengenai kebutuhan pelanggan yang memang betul-
    betul dapat memuaskan pelanggan, sehingga dapat dilakukan perbaikan terhadap :
    a. Kemasan produk
    b. Manfaat produk
    c. Harga
    d. Strategi memasarkan
    e. Tehnik mempromosi yang digunakan



0 komentar:

Posting Komentar